Background

Macam-Macam Bentuk Kubah Masjid



Macam-Macam Bentuk Kubah Masjid

 ternyata kubah masjid tidak hanya berbentuk setengah lingkaran seperti yang biasa kita liat tetapi ada banyak kubah masjid yang berbentuk selain setengah lingkaran .
Berikut ini beberapa bentuk kubah masjid antara lain :
1.      Bentuk kubah oval / telur.
     Bentuk kubah telur / oval terlihat seperti belahan telur raksasa yang di belah secara horizontal sehingga bentuknya menjadi lonjong. Bentuk kubah oval ini banyak di jumpai pada bangunan-bangunan kuno di masa Barok Rococo.

2.     Bentuk kubah bawang
     Bentuk kubah bawang yaitu melengkung di bagian atas dan bawah kubah, kemudian di bagian atas kubah terlihat meruncing. Bagian bawah kubah juga terlihat lebih kecil seperti pangkal bawang. Kebanyakan masjid di Indonesia berbentuk seperti ini, di luar negeri banyak dijumpai pada gereja-gereja orthodox di Rusia.

3.      Bentuk kubah berumbi
      Bentuk kubah jenis ini sederhana, mirip separuh bumi tetapi pada bagian bawah sedikit memanjang dan bagian ujungnya meruncing seperti bentuk tunas umbi yang sedang tumbuh. Contohnya kubah pada bangunan Taj Mahal di India. Kubah dengan bentuk berumbi sebagian besar banyak di jumpai pada bangunan masjid di Mesir.

4.     Bentuk kubah parabola
     Bentuk kubah parabola lengkung namun tidak bulat penuh, bentuknya juga lonjong dengan ujung semakin mengecil. Kubah jenis ini hanya bisa dijumpai pada sejumlah bangunan kuno di Tattinu.

5.     Bentuk kubah biara
    Bentuk kubah biara agak berbeda jika dilihat dari luar tidak terlihat seperti kubah pada umumnya. Kubah ini akan terlihat layaknya sebuah kubah jika dilihat dari bagian bawah kubah. Bentuk dasar kubah ini adalah persegi, memiliki rangka sudut dan permukaan kubah berupa bidang lengkung.

6.    Bentuk kubah paying
     Bentuk kubah payung mempunyai lembaran-lembaran berbentuk lingkaran dan lengkungan yang membentuk kurva seperti sebuah payung.

7.      Bentuk kubah bersusun
    Bentuk kubah bersusun memiliki dua buah kubah pada satu atap yang di tumpuk. Kubah bagian bawah terlihat memiliki sisi yang melengkung, sementara bagian atasnya memiliki ujung yang runcing. Kubah jenis ini sudah jarang dijumpai. Kubah jenis ini banyak di jumpai pada bangunan-bangunan di masa Bizantium.

8.    Bentuk kubah layar
     Bentuk kubah layar memiliki 4 buah alas di mana masing-masing alas mempunyai rongga berbentuk setengah lingkaran. Rongga-rongga tersebut saling menyatu pada bentuk kubah bagian atasnya.

9.     Bentuk kubah geodesic
     Bentuk kubah geodesik bentuknya tak sepenuhnya bulat halus, melainkan terdiri dari banyak bilah datar yang menyatu hingga berbentuk polihedral. Cukup banyak masjid yang mempunyai kubah jenis ini tetapi sering diaplikasikan untuk bangunan monumen.

10.                         Bentuk kubah setengah lingkaran
     Bentuk kubah setengah lingkaran memiliki bentuk seperti bola yang di potong. Kubah dengan bentuk seperti ini pertama kali ditemukan di Asyiria.

11.   Bentuk kubah panah menyilang
      Bentuk kubah panah menyilang ini pada bagian kolong kubah terdapat gatis-garis yang tidak saling memotong, melainkan saling bertemu di banyak titik sehingga membentuk pola geometris kotak. Beberapa garis ini kemudian seolah membentuk bintang.

12.  Bentuk kubah piring tengkurap
      Bentuk kubah piring tengkurap ceper dan hampir datar seperti piring saus. Berdasarkan para ahli dan para pengamat arsitektur kubah jenis ini adalah kubah paling stabil dan kuat, apalagi jika bahan dasar pembuatannya adalah dari beton. Kubah bentuk piring tengkurap ini sangat cocok untuk bangunan yang luas, Kekurangan dari kubah piring ini adalah kurang dapat meredam efek dari radiasi sinar matahari dikarenakan bentuknya yang ceper.

Mau membangun Kubah Masjid yang bahan GRC atau enamel bisa mudah
caranya silahkan hubungi kami untuk konsultasi desain, harga dan cara memulai pekerjaan.
Kami sudah memiliki banyak pengalaman mengerjakan kubah masjid baik di perkotaan maupun di pedesaan, bahkan sampai ke pelosok pedalaman. HUBUNGI NO WA 0812-1572-277 (T_Sel)


Categories: Share

Leave a Reply