Background

Sejarah Terjadinya Kubah Masjid


Sejarah Kubah Masjid




Kubah masjid Adalah satu diantara unsur arsitektur yang senantiasa di pakai untuk atap masjid kubah berupa 1 atau 2 bola serta dapat pula di sebut kerucut yang menonjol keluar umumnya kubah juga akan di letakan pada atas bangunan atau jadi atap. Pada dasarnya, kubah bukan berasal dan berakar dari arsitektur Islam. Itu karena memang ajaran Islam tidak membawa secara langsung tradisi budaya fisik. Islam tidak mengajarkan secara konkret tata bentuk arsitektur. Arsitektur awal masjid Rasul berbentuk segi empat dengan dinding sebagai pembatas sekelilingnya. Di sepanjang bagian dalam dinding tersebut dibuat semacam serambi yang langsung berhubungan dengan lapangan terbuka yang berada di tengahnya. Seiring berkembangnya teknologi arsitektur, maka kubah pun muncul sebagai penutup bangunan masjid.
Hampir semua kebudayaan mengenal dan menggunakan kubah adalah bangsa Mesopotamia sejak 6000tahun yang lalu. Pada abad ke-14 SM, di Mycenaean Greeks ditemukannya bangunan makam berbentuk kubah atau bisa disebut juga dengan (tholos tombs). Namun, ada pula yang menyatakan bahwa kubah mulai muncul pada saat masa Imperium Romawi, sekitar tahun 100 M. Salah satu buktinya adalah bangunan pantheon (kuil) di kota Roma yang dibangun Raja Hadria pada 118M – 128M.
Sejarah masjid berkubah Pertama karena melihat kemegahan gedung-gedung Kristen dan Romawi yang menggunakan kubah, makan tergugahlah kekhalifahan Islam untuk membangun masjid dengan kubah yang megah. Saat khalifah Abdul Malik (685-688 M) dibangunnya Dome of The Rock ,atau yang berarti (kubah batu) atau biasa dikenal dengan masjid Umar di Yerusallem. Inilah masjid pertama yang menggunakan kubah dalam sejarah arsitektur Islam. Sejarawan Al Maqdisi menuturkan bahwa biaya pembuatan / pembangunan Masjid itu mencapai kurang lebih 100ribu dinar atau bisa disebut dengan (koin emas).
Walaupun Nabi Muhammad SAW sendiri tidak pernah membangun masjid dengan menyertakan kubah. Menurut Professor K.A.C. Cresswell dalam Early Muslim Architecture, Masjid Nabawi di Madinah sama sekali belum tersentuh untuk menggunakan kubah di atas bangunan nya.


Leave a Reply