Background

Sejarah Di masjid Al Noor, Christchurch


Sejarah Baru di Masjid Al Noor, Christchurch
Hasil gambar untuk masjid al noor di new zealand 
Masjid Al Noor adalah masjid besar di RiccartonChristchurch, Selandia Baru. Bangunan ini dikelola oleh Asosiasi Muslim Canterbury.
Dibangun pada tahun 1984-85, Masjid Al Noor adalah masjid paling selatan di dunia hingga tahun 1999. Dr. Mohammad Olyan, adalah salah satu pendiri dari masjid.
Pada tahun 2003, komunitas Muslim Christchurch menyelenggarakan "Hari Muslim Māori Nasional" di masjid. Pada tahun yang sama, kontroversi muncul di dalam komunitas Muslim lokal di sekitar pengelolaan masjid; kedatangan anggota baru asal Arab dan Somalia memicu ketegangan dengan anggota sebelumnya yang berasal dari Asia Selatan, yang belakangan memiliki budaya yang berbeda dan interpretasi Islam yang lebih moderat.
Pada 15 Maret 2019, situs tersebut, bersama dengan Linwood Islamic Centre, menjadi sasaran penembakan di masjid Christchurch. Empat puluh dua jemaah ditembak dan dibunuh di dalam masjid. Olyan termasuk di antara yang terluka.
Masjid ini terbuka bagi semua kalangan baik muslim maupun non muslim di New Zealand.
Baik untuk beribadah atau sekedar berkunjung, maupun untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan tentang Islam dan muslim.
Selama lebih dari 20 tahun masjid Al-Nur melayani kunjungan dari berbagai komunitas termasuk kunjungan dari murid murid sekolah dasar maupun sekolah menengah pertama bersama guru guru mereka.
Para mahasiswa dari berbagai universitas, peneliti, aktivitis kampus, civitas akademika, turis maupun dari lembaga pemerintahan dengan berbagai keperluan.
Masjid Al-Nur menjadi pusat aktivitas muslim di Christchurch untuk pelaksanaan salat lima waktu berjamaah, salat Jumat, Idulfitri dan Iduladha, termasuk juga penyelenggaraan kelas pendidikan Islam.
Aktivitas aktivitas sosial seperti pernikahan, penyelenggaraan jenazah dan sebagainya juga kerap dilaksanakan di masjid itu.
Pengelolaan Masjid Al-Nur
Masjid Al-Nur Christchurch dikelola oleh Asosiasi Muslim Cantenbury (The Muslim Association of Canterbury-MAC) yang merupakan induk organisasi bagi berbagai organisasi Islam di Selandia Baru.
The Muslim Association of Canterbury (MAC) pertama kali dibentuk tahun 1977 di Christchurch, Selandia Baru (New Zealand) sebagai sebuah organisasi nirlaba bagi semua muslim di Selandia Baru.
Mau membangun Kubah Masjid yang bahan GRC atau enamel bisa mudahcaranya silahkan hubungi kami untuk konsultasi desain, harga dan cara memulai pekerjaan.
Kami sudah memiliki banyak pengalaman mengerjakan kubah masjid baik di perkotaan maupun di pedesaan, bahkan sampai ke pelosok pedalaman.
HUBUNGI NO WA 0812-1572-277 (T_Sel)

Categories: Share

Leave a Reply